Di dlm Firman-Nya ada kepastian. Roh Kudus akan memimpin kita berjln di atas ketidakpastian. Ia hanya butuh kita percaya & taat Kisah 10:19-20

Senin, 23 September 2013

JANJI TUHAN ITU MURNI

Ayat bacaan: Mazmur 12:7
===================
"Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah."
Urusan membeli keperluan dapur dan rumah tangga sejak semula dipercayakan istri kepada saya. Sayalah yang 'in charge' jika sabun, shampo, deterjen, pelembut/pewangi, pasta gigi, sabun cuci piring, karbol/pembersih lantai dan lain-lain sudah hampir habis di rumah. Minyak goreng, itu termasuk bagian saya. Maka saya jadi kenal betul merek-merek produk minyak goreng dan bentuk-bentuk andalan mereka agar lebih diterima pasar. Selain Omega 3 dan Omega 9, salah satu strategi jualan yang paling populer adalah dengan mencantumkan dua kali penyaringan di plastik kemasannya. Mengapa dua kali penyaringan? Apa yang istimewa dengan itu? Sistim dua kali penyaringan sebenarnya punya beberapa kelebihan dibanding satu kali. Apabila minyak hanya melewati satu kali proses maka jika disimpan dalam waktu lama minyak akan berkabut sehingga terlihat tidak jernih dan menarik. Selain itu proses dua kali penyaringan lebih menyehatkan karena jumlah asam jenuh akan tersaring lebih banyak sehingga menghasilkan jumlah kolestrol yang lebih baik, meski tingkat gurihnya bisa sedikit berkurang. Disamping melihat merek yang sedang diskon harga, produk yang lebih sehat pun menjadi pertimbangan saya dalam memilih.

Penyaringan yang lebih banyak tentu akan menghasilkan sesuatu yang lebih murni. Saya tertarik ketika melihat Daud pada suatu kali mengibaratkan janji Tuhan dengan kemurnian perak. Daud berkata: "Janji TUHAN adalah janji yang murni, bagaikan perak yang teruji, tujuh kali dimurnikan dalam dapur peleburan di tanah."  (Mazmur 12:7). Seperti apa bentuk pemurnian perak? Perak dilebur dalam dapur (furnace) pada temperatur sangat tinggi mencapai 1200°C untuk dilakukan sampling/pengujian sebelum melalui proses elektrolisis agar mineral-mineral lain bisa dipisahkan dari perak. Janji Tuhan, kata Daud, merupakan janji yang semurni perak teruji lewat tujuh kali pemurnian dalam peleburan tanah (earthen furnace). Ini adalah tingkat kemurnian yang sangat sempurna. Apa yang dikatakan Daud adalah bahwa janji Tuhan adalah sangat murni, artinya akan selalu ditepati dan digenapi, tidak tercampur dengan hal-hal yang tidak dapat dipercaya, dan teruji, artinya telah terbukti dari begitu banyak contoh baik dalam Alkitab maupun kehidupan banyak orang pada setiap jaman sampai saat ini. Dengan membandingkan dengan tingkat kemurnian perak yang teruji lewat tujuh kali pemurnian, kita pun tahu bahwa janji Tuhan itu mengandung nilai yang sangat tinggi baik dalam kehidupan kita di dunia maupun setelahnya nanti.

Yang lebih menarik adalah bentuk iman Daud akan hal ini karena ayat ini hadir disaat Daud tengah menghadapi pergumulan berat, dikejar-kejar dan hendak dibunuh. Daud menggantungkan keselamatan hidupnya ke dalam tangan Tuhan dan menunjukkan tingkat keyakinan tinggi bahwa janji Tuhan akan pertolongan bukanlah sesuatu yang patut diragukan, bukan hanya mungkin tetapi sesuatu yang pasti. Kita tahu bahwa apa yang dipercaya Daud itu memang benar terbukti. 

Janji Tuhan adalah murni. Tidak ada yang sia-sia, tidak ada yang diisi kebohongan, atau hanya sebatas mungkin dan mudah-mudahan saja. Semua mengandung kebenaran yang mutlak. Saya sudah membuktikannya dalam banyak kesempatan, anda pun mungkin sudah memiliki kesaksian tersendiri akan hal itu. Bagi Daud itupun berlaku, sehingga ia bisa berkata dengan tegas bahwa  "Allah itu bagi kita tempat perlindungan dan kekuatan, sebagai penolong dalam kesesakan sangat terbukti." (Mazmur 46:2). Janji Tuhan itu sangat terbukti, teruji dan sangat murni. Berbagai hal yang mungkin sulit kita terima secara logika sudah dijanjikan Tuhan. Tidak ada yang mustahil bagiNya dan janji itu akan selalu Dia penuhi selama kita melakukan bagian kita dengan benar, yaitu melakukan segala ketetapanNya dan menghidupi FirmanNya. Semua itu nyata dan menggambarkan bagaimana Tuhan masih terus bekerja secara luar biasa jauh mengatasi kemustahilan dalam hidup kita semua hingga hari ini. Jadi apabila anda tengah menghadapi keragu-raguan akan pertolongan Tuhan, ingatlah bahwa janji Tuhan yang murni ini sama berlakunya bagi anda seperti halnya kepada Daud. Jika kepada Daud sudah terbukti, kepada anda pun itu akan terbukti.

Janji Tuhan murni dan teruji
 
 
 
 
Sumber :  http://renungan-harian-online.blogspot.com




« »
« »
« »
Get this widget